Doa Meminta Perlindungan dari Empat Perkara Saat Tasyahud
Doa Meminta Perlindungan dari Empat Perkara

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Ikhtiar seorang muslim dengan doa meminta perlindungan dari empat perkara kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala adalah salah satu bentuk keimanan sekaligus pengharapan agar selamat dari berbagai fitnah dan keburukan. Empat perkara yang dimaksud adalah siksa neraka Jahannam, siksa kubur, fitnah kehidupan dan kematian, serta kejahatan firnah Al-Massih Ad-Dajjal. Karena bagaimanapun seorang hamba adalah makhluk yang lemah dan hanya kepada Allah SWT, ia meminta pertolongan, termasuk perlindungan.

Wasiat Rasulullah SAW untuk Membaca Doa Meminta Perlindungan dari Empat Perkara

Dalam Qur’an Asy-Syifa disebutkan bahwa kepiluan terbesar dan abadi adalah kepiluan para penghuni neraka. Naudzubillahi min dzalik. Kepiluan itu sebab mereka harus menghadapi siksaan yang amat pedih dan tidak pernah berhenti. Puncak kepedihan, keputusasaan, kehinaan penyesalan, semua menjadi satu. Karena dahsyatnya azab neraka, Rasulullah SAW sampai mewasiatkan satu doa yang dianjurkan untuk dibaca sebelum salam agar terhindar dari keburukan-keburukan.

Doa Meminta Perlindungan dari Empat Perkara Baca Saat Tasyahud

وعن أَبي هريرة – رضي الله عنه – : أنَّ رسُولَ اللهِ – صلى الله عليه وسلم – ، قَالَ : (( إِذَا تَشَهَّدَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْتَعِذْ بِاللهِ مِنْ أرْبَعٍ ، يقول : اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ ، وَمِنْ عَذَابِ القَبْرِ ، وَمِنْ فِتْنَةِ المَحْيَا وَالْمَمَاتِ ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ المَسِيحِ الدَّجَّالِ )) . رواه مسلم .

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila salah seorang di antara kalian bertasyahud, hendaklah ia meminta perlindungan kepada Allah dari empat perkara dengan mengucapkan, ‘ALLAHUMMA INNI A’UDZU BIKA MIN ‘ADZAABI JAHANNAM, WA MIN ‘ADZABIL QOBRI, WA MIN FITNATIL MAHYAA WAL MAMAAT, WA MIN SYARRI FITNATIL MASIIHID DAJJAAL’ (Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari siksa neraka Jahannam, dari siksa kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari kejahatan fitnah Al-Masih Ad-Dajjal).” (HR. Muslim) [HR. Muslim, no. 588]

Baca Juga: Doa Agar Selamat Dunia dan Akhirat

Penjelasan Tentang Doa Meminta Perlindungan dari Empat Perkara

Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam yang merupakan suri teladan umat Islam mengajarkan kepada kita bagaimana doa yang dipanjatkan saat tasyahud akhir agar diberikan perlindungan dari empat perkara.

Pertama, perlindungan dari siksa neraka Jahannam

Tidak bisa dipungkiri bahwa adanya akhirat sebagai pengingat bagi manusia yang masih hidup di dunia. Adanya neraka sebagai tempat sekaligus hukuman bagi mereka yang menyalahi dan melanggar perintah Allah SWT. Umat muslim perlu ingat bahwa ibadah dan segala amal soleh yang diperbuat selama ini di dunia ataupun maksiat yang dilakukan itu semua kelak akan ada balasannya. Karenanya, ikhtiar seorang hamba adalah menjauhi perbuatan dosa agar dijauhkan dari siksa neraka.

Kedua, perlindungan dari siksa kubur

Setiap manusia tentu akan kembali dan beristirahat di alam kubur setelah ia meninggal dunia. Setiap insan tentu harus memikirkan bagaimana nasibnya di alam kubur kelak. Karena itu dianjurkan bagi setiap umat Rasulullah SAW untuk selalu memohon kepada Allah Ta’ala agar diberikan perlindungan dari siksa kubur.

Ketiga, perlindungan dari kehidupan dan kematian

Dunia ini penuh dengan tipu daya dan permainan. Banyak godaan dan bisikan setan agar setiap manusia terpedaya dengan kehidupan dunia, mulai dari cinta dunia, ketamakan akan harta, perangkap nafsu, dan godaan lainnya. Bahkan tidak hanya dalam hidup, fitnah pun bisa datang saat seorang hamba menghadapi kematian. Karena itu, mari istiqomahkan agar selalu berdoa untuk meminta perlindungan baik dalam hidup ataupun setelah tiada.

Keempat, perlindungan dari fitnah Dajjal

Al-Masih Ad-Dajjal merupakan musibah sekaligus fitnah terbesar yang akan datang kelak di akhir zaman. Begitu besar fitnahnya bahkan bisa menggoyahkan keimanan seorang hamba. Untuk itu, selalu mintalah perlindungan kepada Allah SWT dari segala bentuk fitnah Dajjal.

Sahabat, itulah tadi wasiat berupa doa yang diajarkan Rasulullah SAW agar memohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar diberikan perlindungan dari empat perkara. Yuk, hafalkan dan amalkan!

More
articles