Doa Agar Selamat Dunia dan Akhirat
Makna Musibah Bagi Orang Beriman

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Dalam Al-Quran banyak ayat yang mengandung doa agar selamat dunia dan akhirat. Setiap insan tentu berharap agar hidupnya tidak hanya selamat di dunia, tapi juga di akhirat. Untuk itu, salah satu ikhtiar langit yang bisa dilakukan adalah dengan cara berdoa serta banyak beramal soleh. Dalam artikel ini, terdapat beberapa doa yang bisa diamalkan sebagai panduan untuk meminta keselamatan dan perlindungan di dunia dan akhirat dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Kumpulan Ayat Al-Quran: Doa Agar Selamat Dunia dan Akhirat

Doa Agar Selamat Dunia dan Akhirat

1.       Surat Al-Baqarah ayat 201

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka”.Doa ini mengandung banyak kebaikan, di antaranya permohonan agar memperoleh kebaikan di dunia dan akhirat, termasuk diantaranya selamat dari siksa api neraka.

2.       Surat Ali ‘Imran ayat 8

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Artinya: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia)”.

Doa ini mengandung permohonan kepada Allah SWT agar hatinya senantiasa dicondongkan pada kebaikan, bukan pada keburukan atau kesesatan.

3. Surat Al-Furqan ayat 65

رَبَّنَا اصْرِفْ عَنَّا عَذَابَ جَهَنَّمَ ۖ إِنَّ عَذَابَهَا كَانَ غَرَامًا

Artinya: “Ya Tuhan kami, jauhkan azab jahannam dari kami, sesungguhnya azabnya itu adalah kebinasaan yang kekal”.

Doa ini mengandung permohonan agar dijauhkan dan dihindarkan dari azab neraka Jahannam. Sebab siksa dan azab neraka Jahannam adalah kebinasaan yang kekal.

4.       Surat Al-A’raf ayat 126

رَبَّنَآ أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَتَوَفَّنَا مُسْلِمِينَ

Artinya: “Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan berserah diri (kepada-Mu)”.

Doa ini mengandung makna agar senantiasa dilimpahkan dan diberikan kesabaran serta minta agar wafat dalam keadaan muslim, berserah diri hanya kepada Allah SWT.

Baca juga: Galau Masalah Jodoh? Coba Amalan Agar Cepat Bertemu Jodoh!

Ikhtiar Langit dengan Doa Agar Selamat Dunia dan Akhirat

Doa Agar Selamat Dunia dan Akhirat

Dalam hidup seorang muslim, banyak berdoa tentu menjadi sarana untuk meminta permohonan, perlindungan dan keselamatan dunia dan akhirat. Dengan penuh kesadaran, seorang muslim tentu ingin membawa segala kebaikan dalam setiap langkah yang dijalaninya.

Doa agar selamat dunia dan akhirat

Muslim sejati tentu sadar bahwa setiap apa yang ia jalani itu semua disaksikan oleh Allah SWT dan tidak ada yang luput dari pengawasannya. Karenanya perbanyaklah berdoa agar setiap kita masuk ke dalam golongan orang-orang yang selamat, bukan hanya di dunia tapi juga di akhirat. Karena dunia hanya sementara, sedangkan akhirat selamanya.

Hiasi untaian doa agar cepat diijabah dengan banyak bersedekah. Mudah-mudahan menjadi jalan terkabul segala hajat dan permudah segala urusan. Sedekah kian mudah melalui bantusesama.

More
articles