Komposisi Kebahagiaan

Date

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Ada banyak orang mencari kebahagiaan, tapi sedikit yang menyadari bahwa kebahagian bukan DICARI, tapi DICIPTAKAN. Bukan mencari kebahagiaan, tapi menciptakan kebahagiaan itu sendiri. Iya, semakin kebahagiaan itu dicari, semakin kita tidak akan merasakannya. Namun semakin kebahagiaan itu kita pelajari dan tahu apa saja rahasianya, nantinya rasa bahagia itu akan muncul dengan sendirinya.

Percaya apa percaya nih, sahabat Ucare?

Berikut beberapa komposisi atau hal-hal yang bisa bangun rasa bahagia sahabat Ucare.

Pertama, Bersyukur

Yap. Kalau mau jadi orang yang bahagia, banyakin bersyukur. Banyakin ucap terimakasih kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberi. Mau kecil atau besar, seorang muslim sejatinya seharusnya selalu bersyukur setiap diberikan  karunia dan rezeki dari Allah SWT. Makin banyak bersyukur, makin dekat koneksi hati kita kepada Sang Pencipta. InsyaAllah, semakin dekatya hati seorang makhluk dan Sang Khaliq, semakin besar rasa bahagia yang ia dapatkan.

Kedua, Hidup Sederhana

Untuk urusan dunia, banyak-banyaklah kita melihat ke bawah, agar selalu bersyukur dan merasa jauh lebih beruntung. Namun, untuk urusan akhirat, baiknya kita selalu menengok ke atas. Melihat bahwa banyak orang-orang shaleh yang amalnya jauh lebih banyak dari kita. Sehingga kita termotivasi untuk meningkatkan kapasitas diri, terutama dalam urusan amal shaleh lebih giat lagi. Kemudian, belajar untuk hidup sederhana pastinya akan membuat kita bahagia. Lebih dari cukup atas apa yang Allah berikan kepada kita akan membuat kita merasa jauh lebih tenang. Bukan begitu, sahabat Ucare?

Ketiga, Menjadi Diri Sendiri

Enaknya hidup kalau kita bisa nikmatin jadi diri sendiri. Kita akan lebih bahagia dan lebih bisa menjalani hari-hari dengan nyaman. Ngga perlu merasa aneh ataupun tidak cocok karena memang tidak ada kepura-puraan dan sepenuhnya percaya diri dengan menjadi diri sendiri. Kalau sudah senang untuk menjadi diri sendiri, peluang kamu untuk bahagia akan semakin besar.

Keempat, Menekuni Hobi

Sekarang setelah pandemic ini, mungkin sahabat akan lebih banyak waktu untuk di rumah aja. Eits, meskipun di rumah aja. Sahabat bisa tetap bahagia kok, salah satunya dengan menjemputnya melalui kegiatan positif semisal melakukan hobi. Contohnya banyak membaca, menulis, membuat karya seni, membaca Al-Qur’an dan sedekah.

Kelima, Belajar untuk Memaafkan

Hati yang tenang berasal dari jiwa yang mudah memafkan. Entah memaafkan kesalahan orang lain ataupun kesalahan diri sendiri. Karena memang manusia sendiri tempatnya khilaf dan salah. Maka tak heran jika melakukan kesalahan, karena kita sendiripun pasti pernah melakukannya. Agar hidup lebih bahagia, belajarlah untuk memafkan.

Keenam, Berpikir Positif

Agar hati bahagia maka upayakan untuk selalu berpiki positif. Carilah hal-hal yang bisa membuat sahabat Ucare untuk memikirkan segalanya dari sudut pandang positif. Agar rasa bahagia bisa menyelimuti hati dan menenangkan pikiran sahabat.

Ketujuh, Dekat kepada Allah

Sebagai seorang hamba, kita bukanlah apa-apa jika tanpaNya. Semua yang terjadi di atas muka bumi ini sudah diatur sedemikian sempurna oleh Allah Ta’ala. maka sahabat, jika ingin menjadi manusia yang bahagia, yang hatinya tenang, maka kita harus selalu berupaya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Gimana caranya? Banyak banget. Salah satunya terus berjuang untuk berbuat baik.

Terakhir, Tidak Lupa Berbagi (Zakat, Infaq, Sedekah)

Sahabat, masih ingat dong ada sebagian rezeki orang lain yang Allah titipkan kepada kita. Namanya titipan, baiknya harus dikembalikan dong kepada yang punya? Betul apa betul? Nah, dengan mengeluarkan sebagian rezeki kita, baik dalam bentuk zakat, infaq atau sedekah, InsyaAllah tidak hanya membersihkan harta, tapi juga mensucikan jiwa kita. Dengan jiwa yang suci, InsyaAllah kebahagiaan akan semakin mudah didapatkan. Ngga percaya? Yuk, coba bayar zakat, infaq dan sedekah di LAZ Ucare Indonesia.

More
articles

Kontak Kami

Jl. Rajawali Raya No.73 RT.009/RW.002, Kel. Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17144

+62-822-2333-9773

(021) 88960316