Ternyata Inilah Konsep Perniagaan Terbaik Menurut Al Quran
Hikmah Zakat dari Sisi Sosial

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Bagaimana konsep perniagaan terbaik menurut Al Quran?

Allah SWT memberikan arahan agar kita bisa memiliki kegiatan yang bernilai dunia dan akhirat. Butuh motivasi kuat untuk meluruskan iman seseorang. Salah satu contohnya adalah motivasi untuk merubah orientasi hidup pada konsep perniagaan terbaik. Karena pada dasarnya manusia selalu menimbang untung dan rugi. Jika untung maka akan segera dihampiri. Namun jika ia mengukur akan merugi justru akan dihindari atau bahkan ditinggalkan.

Karena manusia cara berpikirnya selalu menghitung untung dan rugi, maka Allah tunjukkan salah satunya dengan konsep perniagaan terbaik. Apa yang terbaik? Yang memberikan kemuliaan abadi. Perniagaan yang baik itu selalu untung dan tidak pernah merugi.  Dan, itu adalah yang paling ideal dalam konsep perniagaan.

Dalil Konsep Perniagaan Terbaik Menurut Al Quran

Konsep Perniagaan Terbaik Menurut Al Quran

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman dalam Al-Quran,

إِنَّ الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَنْ تَبُورَ

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi,” (QS. Fatir: 29)

Baca juga: Kiat Meraih Ketenangan Jiwa Berdasarkan Al-Quran

Ustadz Adi Hidayat menyampaikan bahwa kita harus menempatkan diri kita pada konsep kehidupan abadi karena kehidupan akhirat selamanya akan begitu dan tidak pernah berubah. Dunia sifatnya sementara, kadang di atas kadang di bawah, kadang sedih kadang bahagia. Maka perniagaan di dunia bisa untung dan rugi karena pada dasarnya dunia adalah tempat untuk beribadah.

Konsep Perniagaan Terbaik Menurut Al Quran

Kalau untung terus, maka akan lupa nikmatnya sabar dan ujian. Sehingga justru bisa lalai dari mengingat dan berzikir kepada Allah SWT. Sedangkan hukum akhirat sifatnya sama, jika nikmat maka nikmat terus. Karena itu orang yang cerdas mempersiapkan kehidupan akhiratnya maka dia perniagakan untuk kehidupan akhirat seperti menafkahkan harta di jalan Allah swt.

Pentingnya Menyiapkan Bekal di Dunia

Konsep Perniagaan Terbaik Menurut Al Quran

Orang cerdas adalah orang yang menyiapkan akhiratnya. Jika bekalnya banyak untuk akhirat maka ia tidak pernah merugi. Tapi jika dunia melenakan dan minim bekalnya maka ia akan fakir di akhirat. Maka setiap insan hendaknya menyiapkan bekal terbaik untuk pindah tempat yaitu dengan menyiapkan bekal yang sebaik-baiknya.

Maka rubahlah semua kegiatan dan aktivitas itu dengan berlandaskan keimanan. Jika amal dilandaskan iman maka dinilai sebagai ibadah. Karena itu setiap amal soleh harus dimulai dengan iman. Jadi orang cerdas itu dia siapkan bekal dunia untuk akhiratnya. Jadi orang beriman itu harus berjuang dan menjadikan setiap kegiatannya sebagai amal soleh.    

Yuk, siapkan bekal sebanyak-banyaknya dengan menerapkan konsep perniagaan terbaik menurut Al Quran! InsyaAllah bahagia dan selamat dunia akhirat.

Sumber: Konsep Perniagaan Terbaik Menurut Al-Qur’an – Ustadz Adi Hidayat (https://www.youtube.com/watch?v=Jg9ANVD_vVs&t=927s)

More
articles