Larangan dan Perintah di Bulan Muharram
Larangan dan Perintah di Bulan Muharram

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Apa saja larangan dan perintah di bulan Muharram ini?” sahabat mungkin bertanya-tanya ketika kita sudah sampai di bulan Muharram.

Perlu diketahui kata Allah jumlah bulan dalam setahun itu ada 12 bulan. Pernyataan setahun ada 12 bulan ada di Al-Quran surah At-Taubah. Kata syahrun (bulan) secara waktu terulang sebanyak 12 kali. Itu ditetapkan oleh Allah sejak diciptakan langit dan bumi. Dan di antara dua belas bulan itu terdapat bulan hurum atau al-haram sebanyak 4 (empat) bulan.

Larangan dan Perintah di Bulan Muharram

Demikian Allah sudah menetapkan sejak diciptakan langit dan bumi. Maka seseorang akan merugi bila tidak memaksimalkan setiap waktu dengan kebaikan karena waktu tak akan terulang. Karena dalam Al-Quran surah Al-‘Asr menyampaikan bahwa setiap manusia punya potensi rugi. Kecuali orang beriman yang membawa bekal iman dan amal. Makanya yang tak punya iman akan rugi.

Makanya syarat masuk ke surga itu tidak hanya iman tapi juga dengan amal sholeh. Baru dengan amal itu bisa menghadirkan surga dalam hidup kita. Dari 4 bulan ini, 3 bulannya berurutan: Dzulqidah, Dzulhijjah, Al-Muharram, dan Rajab.

Baca juga: Memaknai Tahun Baru Hijriah

Apa Saja Larangan dan Perintah di Bulan Muharram?

Larangan dan Perintah di Bulan Muharram

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman, artinya: “Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (QS. At-Taubah: 36)

Ustadz Adi Hidayat menyampaikan bahwa di bulan Al-Muharram seorang muslim hendaknya jangan sekali-kali bermaksiat di bulan ini. Karena anjuran ini bagian dari perintah Allah dalam bentuk larangan. Dari seluruh anggota tubuh, mata sampai kaki semuanya ditahan untuk tidak melakukan, melihat, mendengar ataupun mengatakan sesuatu atau tindakan yang buruk. Yang bisa menjerumuskan kepada dosa.

Larangan dan Perintah di Bulan Muharram

Larangan dan Perintah di Bulan Muharram

“Jika larangannya adalah meninggalkan kemaksiatan dan perbuatan buruk. Maka sepadan dengan itu, di bulan Al-Muharram seorang muslim juga dianjurkan untuk perbanyak amalan sholeh.”

Baik berupa ibadah ataupun amaliyah sehari-hari kepada sesama. Di bulan Muharram ini menjadi momentum terbaik untuk seorang hamba mendekatkan diri kepada Allah dengan berbagi kepada sesama, seperti menyantuni anak yatim.

Dalam riwayat, Rasulullah menyampaikan bahwa akan ada orang-orang yang menghuni surga tidak hanya sekelas dengan Nabi tapi dia berhimpitan dengan Nabi Muhammad SAW. Nabi menggambarkan 2 jari yang berdekatan.

Ada tawaran indah dari Nabi, setingkat dengan Nabi dan berdampingan dengan Rasulullah manakala kita memperhatikan anak yatim. Mari kita bisa berikan perhatian kepada anak-anak yatim.

larangan dan perintah di bulan Muharram

Dari Sahl ibnu Sa’ad radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

أَنَا وَكاَفِلُ الْيَتِيْمِ فِي الْجَنَّةِ هَكَذَا” وَقَالَ بِإِصْبَعَيْهِ السَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى

Kedudukanku dan orang yang menanggung anak yatim di surga bagaikan ini.” [Beliau merapatkan jari telunjuk dan jari tengahnya]. (HR. Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrad, no. 135. Hadits ini sahih sebagaimana dikatakan dalam Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, no. 800).

Baca juga: Reminder! Anjuran Puasa Sunnah di Bulan Muharram

Semarak Yatim Bahagia: Merajut Asa untuk Anak Yatim Kota Bekasi

larangan dan perintah di bulan Muharram

Menyambut Muharram, UCare akan mengadakan kembali Semarak Yatim Bahagia berbagi dengan anak-anak yatim Kota Bekasi.

Alhamdulillah donasi bapak/ibu sudah diterima. InsyaAllah akan disalurkan dalam kegiatan Semarak Yatim Bahagia selama bulan muharam ini.

Rangkaian kegiatan SYB (Semarak Yatim Bahagia) 1444H :
1. Launching Semarak Yatim Bahagia
2. Liburan Bareng Yatim
Kami mengajak sahabat untuk menjadi bagian dari kebahagiaan mereka.
Berbagi buat anak-anak yatim, klik di sini.

Sahabat juga dapat berdonasi sesuai dengan Paket Semarak Yatim Bahagia:

1. PAKET JANNATU NA’IM (Rp 250.000): biaya santunan & kado yatim
2. PAKET JANNATUL FIRDAUS (Rp 500.000): biaya santunan, startet kit, paket peralatan sekolah dan kado yatim
3. PAKET JANNATU ‘ADN (Rp 350.000): biaya santunan, starter kit dan kado yatim

Atau donasi paket Semarak Yatim via Rekening UCare:
BSI 685 664 7010
Mandiri 167 000 2432 085
BCA 066 327 1960
Bank Muamalat 3050 7000 73
A.n Yayasan Ukhuwah Care Indonesia

Informasi lengkap dan konfirmasi:
Telp. (021) 8896 0316
Hotline. +62 8222 3339 773

More
articles