Manfaat Sedekah Dapat Menolak Bencana
Sedekah untuk Orang Tua

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Benarkah, manfaat sedekah dapat menolak bencana atau musibah?

Bencana alam dan musibah dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Ia tidak memandang status sosial, usia, atau latar belakang agama. Namun, dalam Islam, sedekah diyakini dapat menjadi salah satu bentuk perlindungan dari bencana dan musibah. Di sini kita akan membahas bagaimana sedekah dianggap sebagai sarana untuk menolak bencana menurut ajaran Islam, serta dalilnya yang tertuang dalam Al-Quran dan Hadis.

Sedekah Dapat Menolak Bencana

Sedekah Dapat Menolak Bencana

Ibnul Qoyyim mengatakan: “Sungguh sedekah itu memiliki pengaruh yang luar biasa untuk mencegah berbagai macam bala bagi pelaku sedekah, meski ia seorang penggemar dosa, orang dzalim atau bahkan orang kafir sekalipun.”

Dengan sedekah, Allah mencegah berbagai macam bencana. Ini adalah perkara yang telah diketahui oleh semua manusia baik awam atau kalangan terpelajar. Semua penduduk bumi mengakui hal ini karena mereka telah membuktikannya.” (Al-Wabil Ash-Shoyyib hal. 31)

Ikhtiar Sedekah

Ikhtiar untuk menghindari musibah bisa dilakukan dengan 2 macam. Pertama, ikhtiar secara lahiriah, seperti berhati-hati di jalan, waspada terhadap segala sesuatu, menyimpan barang berharga di tempat yang aman, menjaga diri dan keluarga dengan ilmu bela diri, dsb. Kedua, ikhtiar secara rohaniyah adalah dengan cara berdoa memohon kepada Allah SWT agar selalu diberikan perlindungan serta bersedekah. Sedekah dalam Islam dapat memberikan manfaat untuk mencegah bala bencana.

Sedekah bukan hanya tentang memberikan bantuan finansial kepada yang kurang beruntung, tetapi juga mencakup perbuatan baik, menolong dalam bentuk tenaga dan pikiran, serta kepedulian kepada sesama manusia. Oleh karena itu, sedekah dalam Islam memiliki makna yang sangat mendalam dan positif.  

Sedekah sebagai Sarana Perlindungan

Sedekah Dapat Menolak Bencana

Dalam Islam, sedekah dianggap sebagai sarana untuk mendapatkan perlindungan dari Allah SWT terhadap berbagai musibah dan bencana. keyakinan ini tercermin dalam banyak ayat Al-Quran dan Hadis Nabi Muhammad SAW.  

Dalil-dalil Tentang Sedekah Dapat Menolak Bencana

Sedekah Dapat Menolak Bencana

1. Surat Saba’ ayat 39: “…Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.”

2. Rasulullah Saw, bersabda yang artinya: ” “Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah. Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah. Obatilah penyakitmu dengan sedekah. Sedekah itu sesuatu yang ajaib. Sedekah menolak 70 macam bala dan bencana, dan yang paling ringan adalah penyakit kusta dan sopak (vitiligo).” (HR. Baihaqi & Thabrani))

3. “Bentengilah diri kalian dari siksa api neraka meskipun dengan separuh buah kurma.”  (Muttafaqun ‘alaih).

4. “Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya.” (HR. Ahmad).

5. Dalam riwayat al-Tirmidzi dan lainnya, Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya shadaqah benar-benar memadamkan kemurkaan Allah dan menghindarkan dari kematian yang buruk” (hasan li-ghairihi)  

Dengan memberikan sedekah, seseorang dapat merasa lebih dekat dengan Allah SWT dan merasa lebih aman dalam menghadapi cobaan kehidupan. Namun, penting untuk diingat bahwa sedekah lebih sebagai tindakan ibadah dan pengabdian kepada Allah SWT yang berpotensi mendatangkan rahmat dan perlindungan-Nya.  

Baca juga: Viral! Bukti Sedekah Menolak Bala! Warteg Ini Selamat dari Kebakaran

Ragam Pilihan Sedekah untuk Bantu Sesama

Sedekah Dapat Menolak Bencana

Bersama UCare Indonesia, sahabat dapat bersedekah kapan saja & dimana saja. Optimalkan kebaikan sedekah menuju hidup lebih berkah:  

1. Sedekah Atas Nama Orangtua: bantusesama.co/SedekahOrangTua  

2. Sedekah Subuh: bantusesama.co/SedekahSubuh  

3. Sedekah Pangan Buat Umat: bantusesama.co/SedekahPangan  

Atau Layanan transfer ke Rekening Infak:

BSI 685 664 7010

BCA 066 327 1960

Bank Mandiri 167 00 555 000 77

A.n Yayasan Ukhuwah Care Indonesia

 

Informasi dan Konfirmasi:Hotline UCare Indonesia +62 8222 333 9773

 

More
articles