Yuk Mengenal Matematika Sedekah!
matematika sedekah

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Matematika sedekah tak bisa dihitung dengan matematika manusia pada umumnya. Sedekah dengan kata lain menafkahkan harta di jalan Allah Subhanahu Wa Ta’ala adalah ibadah yang mengandung banyak keutamaannya. berapapun yang dikeluarkan untuk sedekah di jalan Allah dengan hati yang ikhlas dan ridha, maka Allah SWT pula yang akan membalasnya.

Oleh sebab itu, manakala kita bersedekah dan membantu orang lain kemudian orang tersebut tidak membalasnya, boleh jadi akan dibalas dengan sesuatu yang lain. Bisa melalui pertolongan yang kita dapatkan di sekolah, tempat kerja atau bahkan oleh orang yang tak kita kenal dalam satu urusan.

Tersebab itu semua atas kehendak Allah yang menggerakkan hati hambaNya untuk menolong kita. Boleh jadi pertolongan dan kemudahan dalam banyak hal yang didapat dari bersedekah. Oleh karenanya, seorang muslim kiranya tidak perlu ragu untuk bersedekah. Karena Allah akan membuka pintu rezeki yang tak disangka-sangka.

Matematika Sedekah

matematika sedekah

Sedekah tidak bisa dikalkulasi sebagaimana hitung-hitungan manusia pada pelajaran matematika. Jika matematika menyebutkan 5-1 = 4. Matematika sedekah memiliki perhitungan yang istimewa. Matematika sedekah menyatakan bahwa 10-1 = 19. Mengapa begitu? Karena 1 bagian yang dikeluarkan untuk bersedekah akan dibalas sepuluh kali lipat, sehingga 9 (harta sisa) ditambahkan 10 (rezeki lainnya sebagai balasan sedekah).

Andaikan kita bersedekah 2 dari 10 yang kita miliki, maka 2 itu akan menarik 20, sehingga menjadi 28 (10-2 = 28). Jika kita sedekahkan 3, maka akan menarik 30, sehingga total menjadi 37 (10-3 = 37). Dan demikian seterusnya. Setiap 1 bagian yang dikeluarkan sebagai sedekah akan menarik 10 bagian. Inilah matematika sedekah.

Baca juga: Sedekah Jariyah: Pengertian, Dalil dan Macamnya

Matematika Sedekah: 1 Kebaikan Pahalanya Sepuluh Kali Lipat

matematika sedekah

Terkait hal ini, Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman

مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا ۖ وَمَنْ جَاءَ بِالسَّيِّئَةِ فَلَا يُجْزَىٰ إِلَّا مِثْلَهَا وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ

Artinya: “Barangsiapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barangsiapa yang membawa perbuatan jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan). (QS. Al-An’am Ayat 160)

Islam adalah agama yang penuh dengan kebaikan. Bahkan di setiap amal sholeh yang dikerjakan oleh setiap hamba maka akan ada pahala berlipat di dalamnya. Masya Allah. Ayat tersebut menerangkan yang mana setiap kebaikan akan mendapatkan balasan sepuluh kali lipat.

Matematika Sedekah Mengajarkan Ikhlas dalam Sedekah

matematika sedekah

Selayaknya ibadah yang niatnya harus dipelihara agar tidak timbul sifat ujub atau riya’, maka niat bersedekah juga harus dijaga dengan hati-hati. Prinsipnya dalam bersedekah, setelah dikeluarkan sedekah maka harus dilupakan dan jangan diungkit-ungkit sedekah tersebut. Biarlah sedekah tersebut terpelihara dan terjaga. Tidak perlu menunggu balasannya, cukup Allah Yang Maha Kaya dan Maha Mengetahui ridha maka segalanya akan terasa lebih indah.

 

Itulah tadi artikel seputar matematika sedekah. Mudah-mudahan Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa menjaga niat dan hati kita agar segala amal sholeh dapat diterimaNya. Aaamiin Ya Rabbal alamin.

Bersihkan harta dengan zakat, infak dan sedekah sahabat melalui: bantusesama.or.id

Atau ke nomer berikut:
BSI 685 664 7010
Mandiri 167 000 2432 085
BCA 066 327 1960
Bank Muamalat 3050 7000 73
A.n Yayasan Ukhuwah Care Indonesia

Informasi lengkap dan konfirmasi:
Telp. (021) 8896 0316
Hotline. +62 8222 3339 773

Follow Sosial Media UCare Indonesia:
www.ucareindonesia.org
Instagram : @lazucare
FB : UCare Indonesia
Twitter : @laz_ucare
You Tube : LAZ UCare

Website Official : https://www.ucareindonesia.org/
Website Donasi : https://bantusesama.or.id/

 

Referensi: El-Bantanie, Muhammad Syafi’ie, 2013, 5 Langkah Jitu Munajat Magnet Rezeki, Jakarta: PT Gramedia

More
articles