Optimalkan Kesempatan untuk Berbuat Baik
berbuat baik

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Setiap waktu adalah ladang untuk berbuat baik. Adapun semua kenikmatan yang kita peroleh adalah murni pemberian dan karunia dari Allah Azza Wa Jalla. Karenanya, Allah adalah Dzat Yang Maha Layak untuk diberikan ketakwaan. Dialah Allah Pemilik ketakwaan, karena kemuliaanNya, kemurahanNya, dan karuniaNya. Sesungguhnya buah dari ketakwaan itu seluruhnya adalah kebaikan.

Perintah untuk Berbuat Baik

berbuat baik

Allah SWT berfirman, artinya: “Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri…” (QS. Al-Isra: 7)

Tidak hanya berbuat baik kepada sesama. Seorang muslim juga dianjurkan bertakwa kepada Allah SWT. Sebaik-baik takwa adalah dengan cara menaati perintah Allah, menjauhkan maksiat kepadaNya dan tidak mengingkari ajaranNya.

Allah SWT berfirman, artinya: “…dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan.” (QS. Ali ‘Imran: 130)

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.” (QS. Ali ‘Imran: 102)

Saat seorang hamba bertakwa kepada Allah, sejatinya dia tengah memelihara dirinya dari murka Allah. Sebab, murka Allah itu pasti akan mendatangkan siksa dari api neraka.

Balasan Bagi Orang yang Berbuat Baik

berbuat baik

هَلْ جَزَاءُ الْإِحْسَانِ إِلَّا الْإِحْسَانُ

“Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula).” (QS. Ar-Rahman: 60)

Dalam ayat tersebut, Allah SWT ingin mengabarkan kepada kita bahwa siapa saja yang berbuat baik di dunia dengan penuh keimanan dan amal sholeh, dia akan mendapatkan di negeri akhirat kebaikan yang tidak terbandingi.

Baca juga: Mengenal Babus Shadaqah dan Balasan untuk Ahli Sedekah

Mengoptimalkan Berbagi dan Berbuat Baik di Hari Jumat

berbuat baik

Sahabat, alhamdulillah hari ini, Jumat 16 September 2022 UCare Indonesia kembali mendistribusikan Sedekah Jumatmu berupa 30 paket Chicken Rice Bowl kepada masyarakat di beberapa tempat sekitar daerah Bekasi Selatan dan Bekasi Barat.

 

Melalui program Sedekah Jumat, saudara di sekitar kita terutama para pekerja serabutan, pedagang kecil, pengemudi ojek online, pemulung dan lainnya bisa mendapatkan paket makanan/minuman  siang gratis. Biasanya paket-paket ini dibagikan selepas ibadah sholat Jumat dilaksanakan di masjid-masjid.

Baca juga: Sedekah Jariyah: Pengertian, Dalil dan Macamnya

Berbagi dengan orang lain adalah bentuk terbaik mensyukuri apa yang telah kita dapatkan. Karena sejatinya masih banyak orang di luar sana yang memerlukan bantuan, dengan berbagi membuat hidup lebih berarti. Jadilah agen-agen kebaikan dalam berbagi, salah satunya dengan kita berdonasi sedekah Jumat. Insyaa Allah, sedekahmu akan menjadi syafaat di akhirat kelak.” tutur mba April mewakili tim distribusi UCare Indonesia.

 

Selain program Sedekah Jumat, sahabat masih bisa mengambil peran di tiap program kebaikan lainnya, klik di sini.

Nikmati juga layanan transfer kebaikan melalui:

REKENING ZAKAT

BSI 7100300014

Bank Muamalat 3050 7000 73

Bank BRI 162301000032307

 

REKENING INFAK

BSI 685 664 7010

BCA 066 327 1960

Mandiri 167 000 2432 085

A.n Yayasan Ukhuwah Care Indonesia

 

Informasi lengkap dan konfirmasi:

Telp. (021) 8896 0316

Hotline. +62 8222 3339 773

 

Referensi: ‘Iwadh, Ahmad ‘Abduh, 2008, Mutiara Hadis Qudsi Jalan Menuju Kemuliaan dan Kesucian Hati, Bandung: PT Mizan Pustaka

More
articles