Ar-Rayyan: Pintu Surga untuk Orang Yang Berpuasa
Pintu Surga untuk Orang Yang Berpuasa

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Adakah pintu surga untuk orang yang berpuasa sebagai balasan atas amalannya?

“Disampaikan bahwa orang berpuasa itu dianggap spesial atau istimewa oleh Allah SWT. Di antara spesialnya ini bahkan ada bab khusus tentang orang berpuasa, orang puasa bisa mendapatkan pengampunan dari dosa-dosa. Bahkan saking istimewanya sampai ada pintu surga khusus untuk orang-orang yang berpuasa.” Terang ustadz Adi Hidayat dalam kesempatannya.  

Jadi kita diminta untuk memaksimalkan semua amalan, karenanya kita dianjurkan untuk berlomba-lomba dalam berbuat baik. Setiap orang pasti punya orientasi untuk beramal soleh, ada yang senang solat tahajud, menghafal Al-Quran, sedekah, dsb.

Pintu Ar-Rayyan, Pintu Surga untuk Orang Yang Berpuasa

Pintu Surga untuk Orang Yang Berpuasa

Ada pintu Ar-Rayyan yang diberikan kepada orang-orang yang terbiasa puasa. Tidak semua orang bisa kesini, karena ada penggunaan “alif lam” di sana sebagai bentuk pengkhususan. Pintu surga ini istimewa, tidak semua orang bisa masuk karena itu harus ada usaha sungguh-sungguh yaitu bagi orang yang puasa saja.

Baca juga: Mengenal Babus Shadaqah dan Balasan untuk Ahli Sedekah

Hadist Tentang Pintu Surga untuk Orang Yang Berpuasa

Pintu Surga untuk Orang Yang Berpuasa

Dari Sahl bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

إِنَّ فِى الْجَنَّةِ بَابًا يُقَالُ لَهُ الرَّيَّانُ ، يَدْخُلُ مِنْهُ الصَّائِمُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ، لاَ يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ يُقَالُ أَيْنَ الصَّائِمُونَ فَيَقُومُونَ ، لاَ يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ ، فَإِذَا دَخَلُوا أُغْلِقَ ، فَلَمْ يَدْخُلْ مِنْهُ أَحَدٌ

Sesungguhnya di surga ada suatu pintu yang disebut ‘ar-rayyan’. Orang-orang yang berpuasa akan masuk melalui pintu tersebut pada hari kiamat. Selain orang yang berpuasa tidak akan memasukinya. Nanti orang yang berpuasa akan diseru, “Mana orang yang berpuasa.” Lantas mereka pun berdiri, selain mereka tidak akan memasukinya. Jika orang yang berpuasa tersebut telah memasukinya, maka akan tertutup dan setelah itu tidak ada lagi yang memasukinya.” (HR. Bukhari no. 1896 dan Muslim no. 1152).

Pintu Surga untuk Orang Yang Berpuasa Akan Memanggil Para Ahlinya

Pintu Surga untuk Orang Yang Berpuasa

Jadi nanti di hari Kiamat, saat kehidupan di dunia semua sudah selesai maka pintu tersebut akan terbuka. Tidak semua orang bisa masuk pintu ini, yang masuk hanya khusus orang puasa.  Setelah dihisab, pintu tersebut akan berkata “Mana orang yang berpuasa?” Begitu disebutkan, maka orang yang udah terbiasa puasa akan bangun dan berdiri. Otomatis amalan akan menentukan mana yang benar-benar berpuasa atau tidak. Amalan itulah yang akan membuatnya berdiri.

Tak hanya amalan puasa, termasuk amalan-amalan lainnya yang akan membuat kita tergerak bangun. Jika semua para penghuni pintu surga Ar-Rayyan sudah masuk maka pintu langsung tertutup. Hadist ini menunjukkan terhadap apresiasi kepada orang-orang yang gemar berpuasa. Bukan hanya sebagai balasan tapi juga sebagai keistimewaan bagi mereka yang terbiasa menjalankan ibadah puasa dengan ikhlas dan murni karena mengharapkan keridaan Allah Subhanahu Wa Ta’ala semata.

More
articles