6 Ragam Keutamaan Puasa Bagi Umat Islam!
keutamaan puasa

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Ada banyak dalil yang menunjukkan keutamaan puasa bagi mereka yang menjalankannya. Adapun mengerjakan ibadah puasa, selain bahwa puasa Ramadhan itu hukumnya fardhu ‘ain buat setiap muslim. Di antara beberapa keutamaan yang telah dijanjikan oleh Allah SWT buat orang yang mengerjakan ibadah yang satu ini adalah :

6 Keutamaan Puasa

keutamaan puasa

1. Diampuni Dosa

Orang yang mengerjakan puasa dijanjikan Allah SWT untuk diampuni dosa-dosanya.
Padahal biasanya setiap amal dijanjikan dengan pahala. Tetapi khusus puasa, termasuk jenis amalan yang tidak dijanjikan pahala, melainkan dijanjikan pengampunan dosa. Dan tidak ada seorang pun yang luput dari dosa di dunia ini. Jangankan manusia biasa, para nabi dan rasul di dalam Al-Quran pun diceritakan kisah-kisah mereka dengan kesalahan dan dosa yang pernah mereka lakukan.


Pengampunan dosa adalah peristiwa yang paling eksentrik dan dramatik. Bagaimana tidak, seseorang telah melakukan dosa, entah dengan meninggalkan kewajiban atau melanggar larangan dari Allah SWt, lalu kesalahan yang melahirkan dosa itu diampuni Allah, seolah tidak pernah terjadi.


“Siapa yang puasa Ramadhan dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu. Dan siapa yang bangun malam Qadar dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu.”(HR. Bukhari Muslim)

2. Ibadah Khusus untuk Allah

Ibadah puasa adalah ibadah yang punya kedudukan khusus di sisi Allah SWT. Ibadah puasa yang dilakukan oleh seorang anak Adam itu langsung menuju kepada Allah, dan menjadi urusan Allah SWT saja masalah balasannya.

keutamaan puasa


Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. (HR. Muslim)


Berbagai macam ibadah kepada Allah SWT yang selain dari ibadah puasa memang banyak dijanjikan dengan balasan pahala yang berlipat-lipat kali. Namun semua lipatan pahala itu tetap masih bisa dihitung-hitung secara matematis, misalnya dikali lipatkan sepuluh hingga sampai 700 kali lipat.Sedangkan khusus buat pahala dari ibadah puasa, Allah SWT sudah tidak lagi menggunakan hitung-hitungan secara matematis. Para ulama menyebutkan bahwa maksudnya bahwa balasannya menjadi sedemikian banyak bahkan mencapai nilai yang tidak terhingga, karena saking banyaknya pahala itu diberikan.

3. Mendapatkan Dua Jenis Kebahagiaan

Orang yang mengerjakan ibadah puasa disebutkan oleh Rasulullah SAW sebagai orang yang akan mendapatkan dua jenis kebahagiaan. Dasarnya adalah sambungan dari hadits di atas, dimana beliau SAW menyebutkan tentang dua jenis kebahagiaan itu

keutamaan puasa


Rasulullah SAW bersabda: “Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya.”(HR. Muslim)


Kebahagiaan yang pertama adalah ketika dia berbuka puasa, yang tidak bisa digantikan dengan berbagai jenis kebahagiaan. Kedua adalah kebahagiaan ketika nanti bertemu dengan Allah SWT, yaitu nanti di akhirat setelah kehidupan di dunia ini, orang yang berpuasa akan mendapatkan balasan dari sisi Allah SWT yang tidak seperti umumnya pahala suatu ibadah.

4. Bau Mulutnya Disukai Allah

Sambungan dari hadits riwayat imam Muslim di atas adalah ketika Rasulullah SAW menyebutkan bahwa mulut orang yang berpuasa akan berbau tidak sedap, karena seharian kering dan terkena makanan atau minuman. Namun bau mulut itu justru lebih harus dari wangi minyak kesturi di sisi Allah SWT.
Hal itu karena orang itu menjalankan ibadah puasa yang telah Allah SWT perintahkan.
“Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Muslim)

5. Mendapatkan Surga Lewat Pintu Ar-Rayyan

Salah satu pintu surga yang dijanjikan Allah SWT buat mereka yang mengerjakan puasa adalah pintu Ar-Rayyan. Pintu ini pintu istimewa yang hanya diberikan kepada mereka yang secara khsusus telah terdaftar mengerjakan puasa. Di dalam surga meski pun banyak orang, namun hanya mereka yang secara khusus saja yang boleh masuk lewat pintu ini.


Di dalam surga ada sebuah pintu yang disebut pintu ar-Rayyan. Yang masuk melalui pintu itu di hari kiamat hanyalah orang-orang yang berpuasa, yang lainnya tidak masuk lewat pintu itu. Dan diserukan saat itu,”Manakah orang-orang yang berpuasa?”. Maka mereka yang berpuasa bangun untuk memasukinya, sedangkan yang lain tidak. Bilamana mereka telah masuk, maka pintu itu ditutup dan tidak ada lagi yang bisa memasukinya.

Baca juga: Hukum Puasa Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

6. Doanya Tidak Tertolak

keutamaan puasa

Orang yang berpuasa adalah satu dari tiga orang yang sesuai sabda Nabi SAW dikatakan doanya tidak akan tertolak. “Tiga orang yang tidak akan ditolak doanya: Imam yang adil, orang yang berpuasa hingga ia berbuka dan dan orag orang yang didzalimi. Doanya diangkat ke awan dan dibukakan baginya pintu langit dan Tuhan azza wa jalla berfirman: demi kemuliaanku saya pasti menolong engkau setelah ini. (HR. Ahmad)


Itulah tadi beberapa keutamaan puasa. Tentunya, amalan yang telah disyariatkan membawa kemaslahatan tidak hanya untuk kebaikan di dunia, tapi juga di akhirat. Mari optimalkan amalan puasa dengan sertakan amal soleh lainnya!


Referensi: Sarwat, Ahmad. 2011. Seri Fiqih Kehidupan (5) : Puasa. Jakarta: DU Publishing

More
articles