Raih Keutamaan Bulan Dzulhijjah dengan Amalan Terbaik
Sunnah Membaca Surah Al-Kahfi di Hari Jumat

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Apa saja keutamaan bulan Dzulhijjah?

Bulan Dzulhijjah merupakan bulan yang istimewa. Meskipun istimewa, antara Dzulhijjah dan Ramadan saling memiliki keutamaannya masing-masing.

Selama Ramadan kita dilatih untuk menguatkan iman. Adapun untuk menjaga iman itu dengan shalat karena ada syahadat di dalamnya. Karena itu shalat disebut dengan iman. Tugas kita selama hidup adalah membawa iman. Sebanyak apapun harta yang dimiliki dan dikumpulkan selama di dunia, penting untuk disadari bahwa hanya iman dan amal yang akan dibawa kembali ke akhirat. Maka berbahagialah sepanjang iman masih ada dalam hidup kita.

Keistimewaan dan Keutamaan Bulan Dzulhijjah

Keutamaan Bulan Dzulhijjah

Dalam kajiannya, ustadz Adi Hidayat menyampaikan bahwa ada yang paling utama di bulan Dzulhijjah dan tidak ditemukan di bulan lain, bahkan saking istimewanya waktu ini lebih unggul dibandingkan bulan Ramadan.

Syaikhul Islam pernah ditanya tentang perbandingan antara dua waktu tersebut, beliau menjawab, “Sepuluh hari pertama Dzulhijjah lebih utama dari sepuluh hari terakhir Ramadhan, sedangkan malam sepuluh terakhir Ramadhan lebih utama dari malam sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah.”

Keutamaan Bulan Dzulhijjah

Dalam Al-Quran surat al fajr ayat 1-4  yang berbunyi:

وَالْفَجْرِ

1) Demi fajar,

وَلَيَالٍ عَشْرٍ

2) dan malam yang sepuluh,

وَالشَّفْعِ وَالْوَتْرِ

3) dan yang genap dan yang ganjil,

وَاللَّيْلِ إِذَا يَسْرِ

4) dan malam bila berlalu.

Jika kita menemukan ayat dalam Al-Quran, ini menunjukkan dari ayat itu bahwa ada sesuatu yang sangat penting. Ciri sumpah dalam Al-Quran dibuka dengan awal ayat dan diawali huruf “wau” dan ujungnya kasroh, contohnya: وَالْفَجْرِ

Keutamaan Bulan Dzulhijjah

Ada beberapa pendapat dari para ulama bahwa dalam ayat ini ada 5 sumpah di dalamnya yaitu :

1. Fajr: Menurut para ulama ada 2 makna fajr di sini: 1) setiap waktu fajr dalam setiap hari. Ada waktu-waktu dalam fajr yang istimewa dan tidak ada di waktu yang lain. Contoh seprti shalat sunnah fajr dua rakaat, maka dua rakaat itu lebih baik dari dunia dan seisinya. Karena itu salah satu saat banyak berdoa di antaranya adalah di waktu fajar karena ada para malaikat juga yang turun.

Di antara sekian fajar sepanjang tahun adalah fajarnya bulan Dzulhijjah. Ada yang bermakna di 10 hari awal bulan Dzulhijjah atau tanggal 10 Dzulhijjah.

2. Malam yang sepuluh: Ada yang mengartikan 10 malam hari akhir Ramadan dan ada yang mengartikan 10 hari awal Dzulhijjah, karena ada fajar ke sepuluh yang istimewa yaitu Adha (Idul Adha). Bila melakukan amalan di hari-hari itu maka status amalannya naik menjadi amalan yang dicintai Allah SWT.

Maka inilah latihan yang singkat untuk menjadi hamba yang dicintai oleh Allah yaitu dengan mengoptimalkan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Setiap tahun 10 hari awal Dzulhijjah ini menjadi istimewa di sepanjang tahun. Baik siang dan malamnya.

Kalau sudah datang awal Dzulhijjah, kita bisa memperbanyak tahmid, tasbih, takbir dan tahlil. Maka 10 hari ini waktu yang baik untuk menata kembali kehidupan lewat amal ibadah. Barangkali takwanya masih kurang, maka 10 hari ini memotong gejolak nafsu. Maka puncaknya digambarkan dengan kurban. Awal Dzulhijjah ini kita diminta untuk sadar diri, maka segera bertaubat dan dekati Allah SWT. Dan ini menjadi waktu ideal untuk bertaubat karena rahmat dan ampunan diturunkan.

Baca juga: Sedekah Daging: Solusi Bederma dengan Dukung Kebutuhan Protein Sesama

3-4. Hari yang genap dan ganjil

5. Demi malam

Amalan untuk Meraih Keutamaan Bulan Dzulhijjah

Semua amalan yang kita lakukan dengan niat untuk mengharap ridha Allah, maka berpeluang mendapat ridaNya. Di akhir, ustadz Adi Hidayat memberikan nasihat bahwa jika sudah diketahui awal Dzulhijjah, maka tingkatkan amalan dzikir. Kemudian tingkatkan shalat, seperti tahajjud. Lalu khatam Al-Quran, seperti bagi tiga juz perhari. Puasa ditutup hari kesembilan. Jika semua itu dikerjakan, maka InsyaAllah kalau ikhlas hati sudah bersih, dosa berguguran, berpeluang diampuni dosa oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Bismillah, mari sambut Dzulhijjah terutama di sepuluh hari pertama dengan amalan-amalan terbaik. Tingkatkan iman dan takwa, serta perbaiki hubungan dalam ibadah kepada Allah dan lanjutkan terus semangat untuk berbagi. Sahabat bisa berbagi dengan ibadah terbaik kurban di tahun ini! Masih ada waktu untuk pesan kurban melalui Power Qurban UCare Indonesia, klik di sini.

More
articles