Setiap Kebaikan Adalah Sedekah
setiap kebaikan adalah sedekah

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Tahukah sahabat bahwa setiap kebaikan adalah sedekah?

Sedekah itu berupa apa saja, selama itu untuk nilai kebaikan. Bahkan tersenyum pun sedekah, membuang duri di jalan adalah sedekah. Semua kebaikan adalah sedekah.

Hadist Setiap Kebaikan Adalah Sedekah

setiap kebaikan adalah sedekah

عَنْ جَابِرٍ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – – كُلُّ مَعْرُوفٍ صَدَقَةٌ – أَخْرَجَهُ اَلْبُخَارِيُّDari Jabir radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap kebaikan adalah sedekah.” (HR. Bukhari) [HR. Bukhari, no. 6021. Diriwayatkan pula oleh Muslim, no. 1005 dari hadits Hudzaifah]

Maka ketika kita melakukan hal-hal yang berbuat baik itu adalah sedekah. Banyak sedekah yang bisa dilakukan, baik dengan harta, tenaga, waktu dan pikiran.

Antara Menampakkan dan Menyembunyikan Sedekah

setiap kebaikan adalah sedekah

Allah SWT berfirman, artinya: “Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Setiap Kebaikan Adalah Sedekah dan Ganjaran Berlipat Bagi yang Bersedekah di Jalan Allah SWT

Allah SWT berfirman, artinya: “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 261)

Ibnul Qayyim berkata, “Sedekah di hari Jumat dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadan dibandingkan sedekah di bulan–bulan selainnya.”

Setiap Kebaikan Adalah Sedekah, Jadikan Sedekah Sebagai Penyuci

setiap kebaikan adalah sedekah

Sedekah adalah penyuci. Ibarat sumur yang selalu diambil airnya, maka sumurnya akan bersih, airnya terus bertambah. Seperti itu juga sedekah. Ketika kita bersedekah maka membuka pintu rezeki, mengikis sifat kotor dalam jiwa dan bantu menghapuskan keburukan.

Banyak orang-orang menyombongkan dirinya bahwa seolah-olah yang ia miliki hanya milik dia, padahal itu semua adalah titipan Allah SWT. Sesungguhnya harta ada 3, harta yang dimakan jadi kotoran, harta yang ditinggalkan akan menjadi rebutan bagi ahli warits, harta yang disedekahkan itulah yang kekal dan menjadi penolong di hari Kiamat.

Dari Mu’awiyah bin Haidah radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya sedekah secara rahasia bisa meredam murka Rabb [Allah] tabaroka wa ta’ala.” (HR. ath-Thabrani dalam al-Kabir, lihat Shahih at-Targhib [1/532])

Baca juga: Setiap Orang Berada Di Bawah Naungan Sedekahnya

setiap kebaikan adalah sedekah

Sekarang kita tahu bersama bahwa setiap kebaikan adalah sedekah, mulai dari menginfakkan harta untuk kepentingan di jalan Allah SWT, memberikan senyum pada sesama, bantu tenaga saat ada yang butuh pertolongan, setiap nasihat kepada orang lain, membuang duri atau paku dari jalan, hingga banyak kebaikan lainnya yang bernilai sebagai sedekah.

Mari bersihkan harta dan jiwa dengan kebaikan zakat, infak dan sedekah!
Zakat: bantusesama.co/ZakatPenghasilan
Infak – sedekah: bantusesama.co/kategori/infaq-sedekah

Melalui Rekening zakat:
BSI 7100300014
Bank Mandiri 167 00 555 000 77
A.n. Yayasan Ukhuwah Care Indonesia

Melalui Rekening Infak:
BSI 685 664 7010
BCA 066 327 1960
Bank Mandiri 167 00 555 000 77
A.n Yayasan Ukhuwah Care Indonesia

Konfirmasi: Hotline UCare Indonesia di wa.me/6282223339773

More
articles