Doa Turun Hujan: Arab, Latin dan Terjemah
doa turun hujan

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Doa turun hujan semestinya adalah ucapan yang pertama kali keluar saat hujan turun. Turunnya hujan adalah sebuah rahmat dan karunia karena banyak manfaat yang dibawa dari tiap tetesnya. Secara jelas telah diterangkan dalam hadist mengenai doa yang dipanjatkan oleh Rasulullah SAW ketika melihat turunnya hujan.

Apa bunyi hadistnya serta doanya?

Doa Turun Hujan

doa turun hujan

Diriwayatkan dari Ummul Mukminin, ’Aisyah radhiyallahu ’anha,

إِنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا رَأَى الْمَطَرَ قَالَ  اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

“Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, ”Allahumma shoyyiban nafi’an”

[Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat]”. (HR. Bukhari no. 1032)

 

Doa Turun Hujan: Allahumma Shayyiban Naafi’an

doa turun hujan

Doa turun hujan yang singkat namun sarat makna dan mudah untuk diamalkan adalah:

اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

Allahumma Shayyiban Naafi’an

artinya: “Ya Allah jadikanlah hujan ini hujan yang bermanfaat.”

Kalimat ini singkat padat, tapi penuh dengan permohonan agar hujan yang turun memberikan manfaat kepada kita semua. Dengan semakin banyak manfaatnya, diharapkan semakin banyak juga keberkahannya.

 

Doa Turun Hujan dan Waktu Terbaik untuk Berdoa

doa turun hujan

Saat turun hujan, bukan waktunya kita berkeluh kesah dan mengeluarkan sumpah serapah. Karena dibalik turunnya hujan tersimpan waktu istimewa, waktu terbaik untuk kita bermunajat, meminta dan memohon segala sesuatunya kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Apalagi doa di waktu tersebut tidak akan tertolak.

Sebagaimana dalam hadist dari Sahl bin Sa’d, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِوَ تَحْتَ المَطَرِ

“Dua do’a yang tidak akan ditolak: [1] do’a ketika adzan dan [2] do’a ketika ketika turunnya hujan.” (HR. Al Hakim dan Al Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan. Lihat Shohihul Jaami’ no. 3078)

 

Doa Saat Hujan Lebat, Ayo Hafalkan!

Di saat hujan semakin lebat, mungkin ada ketakutan dan kekhawatiran tersendiri bagi kita. Apalagi hujan yang sangat lebat, dikhawatirkan memberikan dampak buruk seperti banjir, longsor, dsb. Karenanya, ada doa lainnya yang diajarkan Rasulullah saat hujan turun lebat.

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

“Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari [Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan].” (HR. Bukhari no. 1014)

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Mencegah Banjir

Nah, karena kita sudah mulai masuk musimg penghujan. Yuk, sama-sama kita hafalkan dan amalkan doa turun hujan yang telah diajarkan Rasulullah SAW. Di samping doa-doa yang disebutkan tadi, sahabat juga bisa membaca doa permohonan kebaikan lainnya agar hujan yang turun membawa kebaikan, keberkahan dan kemanfaatan.

Sahabat, jangan lupa jaga kesehatan dan jaga kebersihan lingkungan yaa. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa melindungi diri kita, keluarga dan seluruh saudara-saudara kita. Aaamiin.

More
articles