Sudah Tahu Ibadah dan Manfaatnya?
keutamaan 10 hari terakhir Ramadan

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Ibadah dan manfaatnya, apakah ada kaitan yang akan dirasakan seorang hamba dalam hidupnya?

Sesungguhnya ibadah dalam islam mengisyaratkan struktur manusia seluruhnya. Oleh karenanya, seorang muslim tidak hanya diamanahkan untuk beribadah kepada Allah dengan lisannya, tapi juga dengan tangannya, hatinya, akalnya dan perasaannya. Dengan lisan, seorang hamba akan berdizkir, berdoa dan membaca Al-Qur’an. Dengan badan, seorang hamba akan shalat, shaum dan berjihad di jalan Allah. Dengan hatinya, ia merasa takut, berharap, mencintai dan tawakkal.

APA ITU IBADAH DAN MANFAATNYA?

Apa itu ibadah dan manfaatnya? Ibadah adalah menjalankan kehidupan untuk mengharapkan keridhaan Allah SWT sesuai dengan syariatNya dan mencakup segala yang dicintaiNya dan diridhaiNya dari ucapan serta perbuatan. Ibadah juga merupakan bentuk ketundukan, kepasrahan, kerendahan, dan ketaatan kepada Allah. Ibadah itu mengisyaratkan cara untuk melakukan ibadah tersebut. Ibadah juga menjalankan ketaatan dan ibadah dengan menghadirkan hari, karena itu merupakan  perintah Allah kepada seluruh manusia.

IBADAH DAN MANFAATNYA, AGAR MANUSIA BERTAKWA

ibadah dan manfaatnya

Dalam Al-Qur’an, Allah Ta’ala telah berfirman

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اعْبُدُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ وَالَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Wahai manusia! Sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dan orang-orang yang sebelum kamu, agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah: 21)

Perintah ini ditunjukkan kepada seluruh manusia. Melalui ibadah yang ditunjukkan kepada Allah dengan amal ibadah yang dilakukan maka akan mencapai derajat ketakwaan. Untuk itulah erat kaitannya antara ibadah dan ketakwaan.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Muslim Harus Berqurban?

IBADAH DAN  MANFAATNYA

ibadah dan manfaatnya

Hasil atau manfaat dari ibadah sangatlah banyak, antara lain:

1. Ibadah akan mendekatkan kita kepada Allah Yang Maha Pengasih dan surgaNya.

Dalam sebuah hadis Rasulullah SAW bersabda, “Berikanlah makanan, sebarkanlah salam, niscaya kalian akan masuk surga dengan penuh kedamaian.”

2. Allah akan menambahkan rezeki kita, karena sikap syukur kita yang tidak pernah hilang.

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (QS. Ibrahim: 7)

3. Ibadah akan mewujudkan kebahagiaan dan kemenangan.

Allah SWT berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman! Rukuklah, sujudlah, dan sembahlah Tuhanmu; dan berbuatlah kebaikan, agar kamu beruntung.” (QS. Al-Hajj: 77)

4. Ibadah akan menghapus dosa-dosa yang pernah kita perbuat. Maksudnya adalah ibadah dengan disertai ketakwaan kepada Allah, ketaatan dan keimanan yang berkesinambungan. Allah SWT berfirman, “Perbuatan-perbuatan baik itu menghapus kesalahan-kesalahan. Itulah peringatan bagi orang-orang yang selalu mengingat (Allah).” (QS. Hud: 114)

5. Dengan beribadah, doa seseorang akan terkabul bersama dengan diraihnya petunjuk, yaitu keimanan yang nyata. Allah SWT berfirman “Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.” (QS. Gafir: 60)

Baca juga: Bagaimana Sejarah Qurban dalam Islam?

Demikian, ibadah ialah upaya mendekatkan diri kepada Allah dengan apa yang disyariatkanNya dari ucapan dan perbuatan, baik yang lahir maupun yang batin. Ibadah merupakan hak Allah kepada makhlukNya, sedangkan manfaat dari ibadah itu sendiri adalah untuk hamba yang mengerjakannya.

PANGGILAN UNTUK MELAKSANAKAN IBADAH KURBAN

ibadah dan manfaatnya

Sebulan kurang, ibadah kurban di hari raya Idul Adha juga sudah menunggu di depan mata. InsyaAllah Power Qurban tahun ini hadir Kembali. Daging kurban akan diproses dan diolah jadi makanan siap santap berupa rendang. Sahabat juga akan dapat jatah konsumsi/untuk dibagikan ke saudara yang membutuhkan. Menarik, bukan? Pesan kurban di sini.

Informasi dan Pendaftaran Qurban: Admin UCare

 

Referensi: ‘Iwadh, Ahmad ‘Abduh, 2008, Mutiara Hadis Qudsi  Jalan Menuju Kemuliaan dan Kesucian Hati, Bandung: PT Mizan Pustaka

More
articles