Mengapa Dianjurkan Istighfar Setelah Sholat?
keutamaan membaca kalimat tahlil

Date

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Daftar Isi

Istighfar setelah sholat adalah hal yang biasa dilakukan Rasulullah SAW. Rasulullah sebagai manusia yang memiliki akhlak terpuji memberikan contoh kepada seluruh umatnya untuk memperbanyak beristighfar. Karena hakikatnya setiap manusia tidak lepas dari perbuatan salah dan dosa, hal inilah yang menjadikan pentingnya istighfar untuk dilakukan setiap saat. Termasuk istighfar setelah menunaikan sholat fardhu.

Rasulullah SAW Istighfar Setelah Sholat Fardhu

Anjuran Istighfar Setelah Sholat (1)

Disebutan dalam hadist, dari Tsauban ra. berkata: Apabila Rasulullah SAW selesai dari sholat nya (sholat fardhu), beliau beristighfar tiga kali dan mengucapkan “Allahumma antas salaam, wa minkas salaam, tabaarokta yaa dzal jalaali wal ikroom, (artinya: Ya Allah, Engkau pemberi keselamatan, dan dari-Mu keselamatan. Mahasuci Engkau, wahai Tuhan Pemilik Keagungan dan Kemuliaan).

Ada yang bertanya pada Al-Auza’i, salah satu perawi hadits ini, “Bagaimana cara beristighfar?” Al-Auza’i menjawab, “Caranya membaca ‘astaghfirullah, astaghfirullah.  (Aku memohon ampun kepada Allah. Aku memohon ampun kepada Allah).

Bacaan Istighfar Setelah Sholat

Anjuran Istighfar Setelah Sholat (1)

Istighfar artinya memohon ampunan. Seseorang yang istighfar artinya ia sedang memohon ampun kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala atas dosa yang telah diperbuatnya. Sebagaimana kata Al-Auza’I bahwa kalimat istighfar berisi ucapan “Astaghfirullah” artinya “Aku memohon ampun kepada Allah.”

Dzikir dalam bentuk istighfar selepas sholat memiliki hikmah untuk menutupi kesalahan dan kekurangan yang kita lakukan dalam sholat. Seperti bacaan surah yang kurang, gerakan sholat yang mungkin belum sempurna, tu’maninah yang tertinggal atau bahkan hati yang tidak khusyu. Rasanya akan merugi bila sholat yang dilakukan masih jauh dari yang semestinya, karena itu penting sekali setelah sholat untuk basahi lisan dengan istighfar.

Baca juga: 3 Keutamaan Istighfar yang Perlu Diketahui

Alasan Kenapa Harus Istighfar Setelah Sholat

Anjuran Istighfar Setelah Sholat (1)

Ustadz Adi Hidayat menyampaikan alasan seorang muslim dianjurkan memperbanyak istighfar setelah sholat dalam kajiannya, di antaranya:

  1. MOHON AMPUN ATAS SHOLAT YANG MASIH BELUM SEMPURNA

Dalam sholat, idealnya sholat dilakukan secara khusyu sehingga hadir rasa tengah menghadap beribadah kepada Allah. Namun sebagai insan yang tak jarang berbuat salah, kita tentu menyadari ada bagian-bagian dalam sholat yang kurang sempurna. Karena itu dianjurkan perbanyak istighfar untuk mohon ampun karena bagian-bagian yang kurang tadi dalam sholat.

  1. PEMBUKA UNTUK MELANTUKAN DOA

Berdoa itu tentu sebaiknya dimulai dari sesuatu yang suci dan bersih. Karena akan sampainya kepada Allah yang Maha Suci. Allah itu Maha Baik dan Maha Suci dan akan menerima yang baik-baik, termasuk doa.  Karenanya sebelum berdoa, dianjurkan membersihkan diri dahulu dengan istighfar.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Sesungguhnya Allah Ta’ala itu baik (thayyib), tidak menerima kecuali yang baik (thayyib). Dan sesungguhnya Allah memerintahkan kepada kaum mukminin seperti apa yang diperintahkan kepada para Rasul. Allah Ta’ala berfirman, ‘Wahai para rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal shalih.’ (QS. Al-Mu’minun: 51). Dan Allah Ta’ala berfirman, ‘Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah dari rezeki yang baik yang Kami berikan kepadamu.’ (QS. Al-Baqarah: 172). Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan seseorang yang lama bepergian; rambutnya kusut, berdebu, dan menengadahkan kedua tangannya ke langit, lantas berkata, ‘Wahai Rabbku, wahai Rabbku.’ Padahal makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan ia dikenyangkan dari yang haram, bagaimana mungkin doanya bisa terkabul.” (HR. Muslim) [HR. Muslim, no. 1015]

Baca juga: Dahsyatnya Amalan Istighfar Bagi yang Menjalankannya

Jadi yang haram-haram bisa menutup terkabulnya doa. Maka untuk membuka dosa-dosa itu dianjurkan untuk rajin beristighfar.

Itulah tadi beberapa alasan mengapa seorang muslim dianjurkan untuk istighfar setelah sholat. Mudah-mudahan bisa menjadi pengingat bagi kita dan menutup kekurangan-kekurangan dalam sholat.

More
articles